Indonesia kini punya senjata mesin canggih, SMML Kaliber 7,62 mm

Sunday, March 31, 2013

Indonesia kini punya senjata mesin canggih, SMML Kaliber 7,62 mm

senjata canggih SMML kalibaer 7,62 mm
Mampu lontarkan 3.000 butir peluru per menit, Indonesia kini punya senjata mesin canggih, SMML Kaliber 7,62 mm - Mampu lontarkan 3.000 butir peluru per menit - Senjata Mesin Multi Laras (SMML) kaliber 7,62 mm

Senjata Mesin Multi Laras (SMML) kaliber 7,62 mm(Foto: Rudi Puwoko-LICOM)

lensaindonesia..com: Indonesia kini sedang mengembangkan prototipe senjata canggih yang diberi ama Senjata Mesin Multi Laras (SMML).

Senjata dengan kaliber 7,62 milimeter, senjata ini mampu melontarkan 3.000 butir peluru per menit.

Baca juga: Mahfudz Siddiq Apresiasi Terobosan Menhan atas Kerjasama RI-China dan Tangani Konflik Sosial, Polri Kini Bisa Pinjam Alutsista TNI

Yasdi, Teknisi Bagian Litbang Senjata PT Pindad, secara khusus kepada LICOM di Jakarta mengatakan, senjata mesin ini merupakan kerjasama PT Pindad dengan Dislitbang TNI-AD.

“Anggarannya dari Direktorat Litbang TNI-AD Tahun Anggaran 2012,” ujarnya tanpa mau menyebutkan besaran anggaran yang dikeluarkan untuk pegembangan senjata ini.

Menurut Yasdi, senjata ini pengembangan dari senjata Gatling untuk mendukung infantri dari belakang dan juga senjata untuk bertahan dari serbuan infantri. Selain itu, senjata ini diperlukan untuk mengatasi target yang berkecepatan tinggi. Biasanya targetnya adalah pesawat atau terget darat ketika ditembakkan dari udara.

“Senjata ini belum dipasarkan karena memerlukan pengujian mendalam di Pusdik Dislitbang TNI-AD,” katanya.

Pengujian ini, kata Yasdi, antara lain uji statis peluru yang menggunakan peluru dummy atau peluru hampa. Kemudian, ada uji sistem roda gir untuk menyesuaikan peluru keluar masuk dengan motor listrik. Insya Allah akhir tahun ini hasil ujinya selesai. Dan akan dipasarkan dengan harga jual sekitar Rp 1 miliar,” ungkap Yasdi.

Dari pantauan LICOM, senjata mesin multi laras (SMML) kaliber 7,62 mm ini disatu sisi memiliki keunggulan seperti mampu menembak 300 meter per menit untuk target bergerak cepat.

Namun disisi lain, SMML memiliki kekurangan berupa sistem multi laras yang relatif kompleks, berat, dan membutuhkan tenaga eksternal berupa listrik. @rudi

Berikut Spesifikasi SMML Kaliber 7,62 mm TA 2012:

1.Kaliber : 7,62 mm

2.Panjang : 962,5 mm

3.Tinggi : 320,3 cm

4.Berat : maksimal 70 kg

5.Panjang Laras : 596 cm

6.Pengisian : DIS / Integrated Link

7.Sumber Arus : DC 24 volt

8.ROF : 3.000 butir per menit

9.Jarak Capai : 800 – 1000 meter

10.Aplikasi : Darat, Laut, Udara
Jika Kamu Suka, Tolong Klik Tombol:
nonton tv online, panduan belajar blogger, blog hiburan, template seo friendly



Semoga artikel ini bermanfaat. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://most-unique-things.blogspot.com/2013/03/indonesia-kini-punya-senjata-mesin.html. Terima kasih telah membaca artikel ini.
Judul: Indonesia kini punya senjata mesin canggih, SMML Kaliber 7,62 mm | Ditulis oleh | Rating Blog 5 dari 5
Categories:

0 comments:

Post a Comment