4 OS Ini Siap Saingi Android !

Friday, January 25, 2013

4 OS Ini Siap Saingi Android !




OS (Operating System) adalah sebuah perangkat yang kerjanya mengelola sebuah sistem di dalam suatu perangkat. Untuk OS yang ada di komputer, tentunya Microsoft Windows masih merajai pasar dunia saat ini dengan produk terpopuler mereka Windows XP dan Windows 7. Mereka juga baru saja meluncurkan produk terbarunya dengan nama Windows 8 yang diprediksi akan menjadi OS terlaris meyaingi produk mereka sendiri yang telah terbit sebelumnya.

Jika Windows menguasai pasar komputer, Android dan iOS adalah raja di perangkat gadget dan mobile. Selain mereka berdua ada juga Blackberry yang memiliki pengguna banyak khususnya dari Indonesia. Sebenarnya Microsoft juga memiliki Windows Phone, namun produk ini tidak sepopuler produk Microsoft lain yang dipakai dalam perangkat komputer.

Untuk itulah di tahun ini banyak perusahaan-perusahaan digital dunia yang mulai mengeluarkan produk-produk baru yang konon akan menghancurkan dominasi beberapa OS terlaris itu. Jadi, OS apakah yang siap bersaing merebut hati para konsumen ? Berikut ini empat OS yang siap saingi Android dkk :

1. Firefox OS
Sistem operasi ini sepenuhnya berbasis teknologi web untuk pengembangan aplikasinya dan menggunakan kernel yang serupa Android. Basis bahasa pemrogramannya adalah HyperText Markup Language (HTML) 5, yang biasa digunakan untuk merancang situs Internet. Menurut Mozilla, sistem operasi ini segera rampung dua pekan mendatang. Ponsel ZTE bersistem Firefox dikabarkan akan segera dipasarkan di Eropa pada tahun ini. Untuk perangkat perdana, Mozilla menargetkan sistem ini terpasang pada ponsel cerdas dengan harga murah dan berprosesor tunggal 800 megahertz.

2. Ubuntu OS
Sistem Ubuntu pada desktop dapat ditampilkan secara penuh dalam ponsel cerdas saat kedua perangkat mobile ini terkoneksi. Dalam situs resmi Ubuntu, desain antarmuka sistem ini terlihat memiliki panel navigasi pada bagian samping layar, yang menggunakan gestur sapuan jari atau swipe. Gunanya untuk mengaktifkan panel dan mundur ke layar atau aplikasi sebelumnya.

3. Tizen OS
Sistem operasi ini merupakan sistem terbuka yang digarap oleh Intel, Linux Foundation, dan Samsung sejak dua tahun lalu. Saat itu, Samsung sedang menggodok LiMo, sistem operasi untuk ponsel cerdas berbasis Linux. Setelah Intel bergabung dengan proyek ini, konsep LiMo dan MeeGo dilebur dan dinamakan Tizen. Tidak seperti Ubuntu, yang cenderung berfokus pada ponsel cerdas, Tizen juga diproyeksikan untuk tablet, netbook, perangkat elektronik dalam kendaraan, dan televisi cerdas.

4. Aliyun OS
Perusahan bisnis jual beli online asal China, Alibaba, telah membuat OS ini dan dibenamkan dalam ponsel K-Touch Cloud W700. Sistem operasi berbasis Linux ini mampu menjalankan aplikasi Android yang menggunakan bahasa JavaScript dan HTML5. Tidak hanya dalam versi bahasa Mandarin, sistem operasi ini juga tersedia dalam bahasa Inggris. Pada tahun ini, Alibaba dikabarkan berencana merilis lebih dari 20 ponsel cerdas berbasis Aliyun.
Jika Kamu Suka, Tolong Klik Tombol:
nonton tv online, panduan belajar blogger, blog hiburan, template seo friendly



Semoga artikel ini bermanfaat. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://most-unique-things.blogspot.com/2013/01/4-os-ini-siap-saingi-android.html. Terima kasih telah membaca artikel ini.
Judul: 4 OS Ini Siap Saingi Android ! | Ditulis oleh | Rating Blog 5 dari 5
Reactions:
Categories:

0 comments:

Post a Comment