Internet Kini Sudah Berusia 30 Tahun

Tuesday, January 22, 2013

Internet Kini Sudah Berusia 30 Tahun



Tepat pada hari pertama tahun baru 2013, sistem teknologi komunikasi revolusioner, yang telah digunakan oleh miliaran orang, berhari ulang tahun. Namun, hanya sedikit orang yang mengetahui bahwa 1 Januari kemarin adalah hari ulang tahun internet ke-30.
Harian Telegraph mencatat, teknologi jaringan komputer di dunia secara resmi mulai berevolusi dan diganti dengan sistem jaringan baru pada tanggal 1 Januari 1983.
Internet pertama kali digunakan oleh Departemen Pertahanan AS, saat itu jaringan yang digunakan adalan ARPAnet dan mulai beralih menggunakan komunikasi Internet Protocol Sistem Suite (IPS). Lalu dikembangkann metode "packet-switching" yang menghubungkan komputer untuk membuka jalan  kedatangan World Wide Web.
Chris Edwards, seorang koresponden dari Majalah Rekayasa Teknologi menuturkan siapa pun yang membuat teknologi ini, suatu hari akan menyadari bahwa yang mereka lakukan adalah sangat penting bagi manusia.
"Tanpa Internet dan World Wide Web, sepertinya kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi. Dengan internet, tak ada tempat yang tidak diketahui oleh seseorang. Anda juga dapat menjangkaunya dengan mudah dan murah," Chris Edwards, seperti dikutip dari Telegraph .
Dulu jaringan ARPAnet dibuat oleh ilmuwan Welsh Donald Davies pada tahun 1960-an, dan digunakan untuk proyek militer. Lalu jaringan itu dikembangkan oleh universitas-universitas dan laboratorium penelitian bergensi di Amerika Serikat, seperti di University of California dan Stanford Research Institute.
Mulai tahun 1973, muncul teknologi Internet Protocol Sistem Suite (IPS) dan  Transmission Control Protocol (TCP), dan Network Control Program (NPC). Sistem baru ini dirancang untuk menggantikan yang digunakan sebelumnya untuk memastikan jaringan tidak terkena satu titik kegagalan dan dapat diandalkan.
Kemudian pada tanggal 1 Januari 1983, penggantian sistem yang lebih tua untuk protokol internet telah selesai dan internet baru telah lahir.
Selanjutnya seorang ilmuwan komputer Inggris, Tim Berners Lee, mengembangkan teknologi dokumen hypertext pada tahun 1989, yang kemudian dikenal sebagai World Wide Web.
Jika Kamu Suka, Tolong Klik Tombol:
nonton tv online, panduan belajar blogger, blog hiburan, template seo friendly



Semoga artikel ini bermanfaat. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://most-unique-things.blogspot.com/2013/01/internet-kini-sudah-berusia-30-tahun_22.html. Terima kasih telah membaca artikel ini.
Judul: Internet Kini Sudah Berusia 30 Tahun | Ditulis oleh | Rating Blog 5 dari 5
Categories:

0 comments:

Post a Comment