Mengapa Pasta Gigi Disebut ODOL ???,,

Tuesday, January 22, 2013

Mengapa Pasta Gigi Disebut ODOL ???,,




Pernahkan terbersit dalam pikiran Anda mengapa pasta gigi yang kita pakai setiap hari dinamakan 'odol'? Inilah jawabannya. Dia berasal dari merk pasta gigi bernama 'Odol' yang amat tersohor di zaman dahulu, termasuk di tanah air kita yang kala itu masih di bawah penjajahan Belanda. Pasta gigi dengan wadah berwarna biru muda mampu menggeser pemakaian tumbukan batu-bata dan bubuk buah pinang (areca nut) yang kala itu masih banyak digunakan penduduk kita untuk menggosok gigi. Namun seperti layaknya dengan istilah-istilah bahasa Belanda lainnya, masyarakat kesulitan untuk mengucapkan kata tandpasta (tand = gigi) ini. Alhasil, diambillah jalan termudah dengan menyebut nama merknya, yaitu 'odol'.

Pada gambar terlihat dua contoh iklan zaman baheula pasta gigi 'Odol' ini. Iklan yang di sebelah kiri bertuliskan Mooi Tanden yang bermakna 'gigi geligi yang indah', sedangkan iklan kuno di sebelah kanan bertuliskan zahnpasta yang merupakan kata bahasa Jerman dengan makna yang sama. Ya, nampaknya 'Odol' ini diproduksi di Jerman, tetapi berbeda dengan di Indonesia yang sudah lama tidak beredar lagi, di negara asalnya hingga saat ini pasta gigi 'Odol' ini masih tetap eksis. Bahkan pasta gigi 'Odol' ini juga dipasarkan di kawasan negara-negara Eropa seperti Ceko, Hungaria, Belanda dan sebagainya. Pasta gigi 'Odol' sudah berpuluh tahun yang lalu hilang dari peredaran di negeri kita, namun dia meninggalkan warisan kata yang masih digunakan hingga saat ini yaitu 'odol'.
Jika Kamu Suka, Tolong Klik Tombol:
nonton tv online, panduan belajar blogger, blog hiburan, template seo friendly



Semoga artikel ini bermanfaat. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://most-unique-things.blogspot.com/2013/01/mengapa-pasta-gigi-disebut-odol.html. Terima kasih telah membaca artikel ini.
Judul: Mengapa Pasta Gigi Disebut ODOL ???,, | Ditulis oleh | Rating Blog 5 dari 5
Reactions:

0 comments:

Post a Comment